Jl. Basuki Rahmat No.56, Samarinda 75112


Senin, 23 September 2019      Decky      99 kali

MEMPROMOSIKAN POTENSI DAN PELUANG INVESTASI DI KALTIM

Hari Jumat (20/9/2019) DPMPTSP Provinsi Kaltim mengikuti pameran bertajuk Bandung InVest & Bandung Craft Indo yang merupakan sebuah Pameran investasi, pelayanan publik, dan produk keunggulan daerah dilaksanakan pada tanggal 20-22 September 2019 bertempat di Braga City Walk, Bandung, Jawa Barat. Acara ini dibuka langsung oleh Indra Wibawa Selaku Kepala Dinas Peringdakop dan UMKM Provinsi.Jabar bersama pejabat terkait. DPMPTSP Provinsi Kaltim berkesempatan berpartisipasi di pameran ini diwakili oleh Kepala Bidang Promosi investasi Restiawan Baihaqi beserta jajaran personil staff pelaksana bidang Promosi Investasi.

Tujuan acara ini diadakan sebagai bentuk promosi produk UMKM dalam memperluas akses pasar di Indonesia hingga luar negeri khususnya di negara-negara ASEAN, menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dibidang investasi atau permodalan melalui matchmaking, hingga mempromosikan potensi dan peluang investasi unggulan yang dimiliki pemerintah pusat dan daerah sekaligus mendorong masuknya investasi ke daerah khususnya di Provinsi Kaltim.

DPMPTSP Provinsi Kaltim dalam pameran ini mempromosikan sejumlah proyek infrastruktur yang sedang dalam proses perencanaan seperti: Costal Road di Kota Balikpapan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy, Kawasan Industri Kariangau (KIK), dilanjutkan dengan potensi pengembangan pariwisata Wisata Bahari Pulau Derawan & Pulau Maratua, dan Penepatan IbuKota Baru (IKN) di Provinsi Kaltim menjadi peluang cukup besar untuk menarik investasi investor dari dalam hingga luar negeri.


Penetapan IKN yang diumumkan oleh Presiden Jokowi beberapa waktu lalu menjadi kesempatan bagi Provinsi Kaltim untuk menggenjot dan mengembangkan sejumlah pusat pertumbuhan ekonominya termasuk mempromosikan sejumlah potensi dan peluang investasi infrastruktur di Provinsi Kaltim. Apalagi berbagai kemudahan telah siap untuk ditawarkan, termasuk adanya program Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK) di KIK berdasarkan Keputusan Kepala BKPM nomor 41 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua SK Kepala BKPM nomor 24 Tahun 2016 tentang Penetapan Kawasan Industri Tertentu untuk KLIK yang merupakan wujud implementasi realisasi paket kebijakan ekonomi Jilid II yang diluncurkan pada 22 Februari 2016 dengan tujuan memberikan kemudahan berusaha di Indonesia.

Tidak hanya mempromosikan infrastruktur saja, DPMPTSP Provinsi Kaltim juga mempromosikan kalender event 2019 yakni: EIFAF (Erau International Folk Art Festival) yang diselenggarakan dari tanggal 21-29 September di Tenggarong dan Festival Mahakam pada tanggal 1-3 November. Kalender event ini bertujuan untuk mengangkat festival budaya daerah ke kancah internasional dengan melibatkan peserta kesenian rakyat dari mancanegara sekaligus, mempromosikan sungai Mahakam sebagai 100 Wonderful Events Indonesia 2019.

Dengan promosi yang rutin,bersifat intens, dan berkesinambungan diharapkan sosialisasi potensi dan peluang investasi di Provinsi Kaltim oleh DPMPTSP Provinsi Kaltim bisa diketahui khalayak luas. Khususnya bagi pelaku usaha baik dalam maupun luar negeri. terutama memanfaatkan momentum IKN  dan kalender event pariwisata saat ini.

Kembali
Link Instansi Terkait