Rabu, 02 Oktober 2019      Decky      8 kali

PISAH SAMBUT PEJABAT STRUKTURAL DI DPMPTSP PROVINSI KALTIM

Pelantikan dan pengambilaan sumpah/janji jabatan 103 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Kaltim yang menempati posisi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas, yang dilakukan oleh Gubernur Kaltim Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si. di Pendopo Odah Etam, pada hari Selasa (01/10/2019) lalu membuat beberapa posisi jabatan struktural di DPMPTSP Provinsi juga mengalami perombakan. Perombakan posisi jabatan struktural menjadi sangat penting untuk dilakukan demi mencapai kebutuhan organisasi agar penyelenggaraan tata kelola pemerintah di Pemprov Kaltim khususnya di DPMPTSP Provinsi Kaltim menjadi semakin baik bermuara terwujudnya target kinerja organisasi sesuai yang telah ditetapkan. Untuk mencapai target kinerja organisasi tersebut, Hari Rabu (2/10/2019) Bertempat diruang rapat AW.Syahranie, Pejabat Struktural yang telah dilantik maupun mendapatkan promosi jabatan di kantor DPMPTSP Provinsi Kaltim, berkumpul bersama untuk menghadiri pisah-sambut sekaligus kenal-pisah dengan pejabat yang mutasi dari DPMPTSP.

Transformasi organisasi pemerintah saat ini menjadi kata kunci yang harus terus diupayakan sebagai instrumen  bagi  aparat pemerintah agar responsif terhadap perubahan. Dengan berbagai fenomena kemajuan teknologi serta dampaknya tersebut di atas, menjadi nyatalah urgensi  transformasi organisasi pemerintah untuk menjawab tuntutan akuntabilitas publik yang semakin transparan. Selain itu transformasi di organisasi pemerintah ini untuk mendukung Grand Design Pembangunan ASN 2020-2024 menuju Smart ASN 2024 sekaligus mewujudkan Birokrasi Berkelas Dunia yang telah ditetapkan oleh Kementerian Aparatur Sipil Negara&Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB).


Struktur organisasi pemerintah yang selama ini bersifat mekanistis, hierarkis birokratis, departementalisasi yang kaku, formalisasi tinggi dan dan sentralistis perlu terus ditransformasi ke arah organisasi yang ramping tetapi kaya fungsi. Hal itu ditandai dengan informasi yang mengalir bebas, formalisasi rendah dan tim lintas fungsi, guna menjawab ketidakpastian yang tinggi dan lingkungan strategis organisasi pemerintah yang semakin dinamis dan kompleksitas yang tinggi. Ukuran besarnya organisasi dengan struktur organisasi dan rentang kendali yang besar, tidaklah menjamin efektivitas pelaksanaan tugas pokok dan fungsi organisasi. Yang lebih berperan adalah seberapa sukses transformasi organisasi dilakukan agar adaptif terhadap perubahan yang sedemikian cepat.

Untuk itu diharapkan pejabat struktural yang sudah dilantik untuk segera bekerja dengan rasa tanggung jawab dan memahami tugas dan fungsi dari DPMPTSP. Selain itu mencari kebijakan-kebijakan maupun aturan-aturan yang berhubungan dengan investasi termasuk Daftar Negatif Investasi (DNI) demi mendukung iklim investasi yang kondusif yang menumbuhkan perekonomian di Benua etam bermuara pada mensejahterakan masyarakat Provinsi Kalimantan timur sekaligus berjalan lebih gesit dalam merealisasikan program & kegiatan kantor DPMPTSP Provinsi Kaltim disisa tahun anggaran 2019 ini.

Kembali
Link Instansi Terkait