Jl. Basuki Rahmat No.56, Samarinda 75112


Selasa, 26 November 2019      Dandy      414 kali

GELAR PESONA KALTIM CURI PERHATIAN & FORUM INVESTASI GIATKAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR STRATEGIS KAL

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Timur sukses menyelenggarakan Gelar Pesona Kaltim 2019 dan Forum Promosi Investasi Penanaman Modal Kalimantan Timur.

Acara tersebut masing – masing digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur pada Sabtu (16/11) hingga Senin (18/11). Dua kegiatan yang digagas oleh Bidang Promosi Penanaman Modal DPMPTSP Prov. Kaltim secara umum dimaksudkan untuk mendukung kegiatan promosi penanaman modal Kalimantan Timur yang telah dan hingga saat ini terus digalakkan.


GELAR PESONA KALTIM 2019

Gelar Pesona Kaltim 2019 dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada Sabtu – Minggu, 16 – 17 November 2019 bertempat di Anjungan Kalimantan Timur TMII Jakarta. Acara ini dikemas dalam bentuk mini pameran yang menampilkan informasi mengenai potensi investasi, perdagangan, pariwisata dan sektor-sektor potensi lainnya dari Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Timur dengan mengangkat tagline Kaltim The Next Destination.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, DPMPTSP Provinsi Kaltim bekerjasama dengan PT Perisai Kesejahteraan Abadi selaku event organizer yang bertugas menyiapkan segala kebutuhan acara, mulai dari setting panggung acara ceremonial, setting booth partisi pameran, setting sound system, media cetak, protokoler tamu undangan, dan lainnya.

DPMPTSP Provinsi Kaltim mengundang stakeholders terkait untuk berpartisipasi dalam mengisi materi dalam kegiatan mini pameran, di antaranya perwakilan dari DPMPTSP Kota Samarinda, Kabupaten Paser, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kabupaten Kutai Timur, Dinas Perindagkop dan UMKM Provinsi Katim, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kaltim, Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim, Bappeda Provinsi Kaltim, Biro Administrasi Pembangunan Setdaprov Kaltim, Biro Infrastruktur Setdaprov Kaltim, Perusda MBS, Dekranas dan UMK Kerajinan Kalimantan Timur.

Official ceremony Gelar Pesona Kaltim 2019 dilaksanakan pada hari Minggu (17/11) bertempat di panggung utama Anjungan Kalimantan Timur TMII. Anjungan Kalimantan Timur TMII ini dipilih sebagai tempat acara karena hal ini sejalan dengan program Gubernur Kalimantan Timur yang mengharapkan Anjungan Kaltim dapat dijadikan sebagai pusat informasi dan promosi perdagangan, pariwisata, budaya, dan investasi. Karena itu, dalam kesempatan ini dipamerkan pula hasil-hasil pembangunan yang merupakan kinerja sektoral OPD terkait lingkup Pemprov Kaltim.

Ceremony dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor yang ditandai dengan pemukulan gong dan peninjauan ke stand pameran. Dalam sambutannya, Gubernur Kalimantan Timur mendukung baik kegiatan ini dan mengharapkan partisipasi dan kehadiran yang lebih banyak lagi pada tahun - tahun mendatang, khususnya tamu – tamu luar negeri. Kehadiran tamu – tamu tersebut dapat diupayakan melalui kedutaan besar negara sahabat di Jakarta.

Selain memiliki potensi sumber daya alam yang besar, Kalimantan Timur juga mempunyai potensi kebudayaan dan pariwisata yang belum dikelola secara optimal. Untuk itu, perlu daya dan upaya semua pihak untuk terus mengampanyekan dan memberikan informasi yang real kepada masyarakat dan investor agar dapat mengetahui dan turut serta mendukung pembangunan dengan jaminan investasi yang kondusif.

Berbagai upaya memperkuat investasi di Kalimantan Timur dapat diupayakan dengan tiga strategi, yakni kemudahan berusaha/berbisnis, bermitra dengan usaha mikro kecil dan menengah lokal, dan promosi investasi yang terfokus berdasarkan sektor dan negara tujuan promosi.

Dalam kegiatan ini juga disampaikan bahwa Gubernur Isran berencana merevitalisasi keberadaan Anjungan Kaltim.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Gelar Pesona Kaltim 2019 yang juga Kepala Bidang Promosi Penanaman Modal DPMPTSP Provinsi Kaltim Restiawan Baihaqi melaporkan bahwa acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk melaksanakan pameran representatif yang dapat menyajikan informasi secara nasional dan internasional yang mengintegrasikan potensi trade, tourism dan investment dengan pendekatan kearifan lokal dan budaya masyarakat Kalimantan Timur.

Adapun, tamu undangan yang hadir pada acara ceremony antara lain Direktur Umum TMII, Kepala DPMPTSP Provinsi Kaltim Abdullah Sani, Staf Ahli Gubernur Yadi Rabiannoor, Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Provinsi Kaltim Fuad Asaddin, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Sri Wahyuni, Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Lisa Hasliana, Ketua Dekranasda Kaltim, Kepala Badan Penghubung Provinsi Kaimantan Timur di Jakarta dan para tamu undangan dari kabupaten/kota se-Kalimantan Timur. Ceremony juga diisi dengan persembahan tarian daerah khas Kalimantan Timur.

Selepas ceremony, dilakukan peninjauan stand oleh gubernur bersama dengan para tamu undangan. Terdapat 26 stand yang ditampilkan dengan berbagai informasi potensi. Gubernur berharap kegiatan ini dapat mengenalkan potensi Kalimantan Timur lebih luas lagi, terlebih bisa membawa investor untuk datang dan menanamkan modalnya di Kalimantan Timur. Terpantau banyak pengunjung TMII yang datang melihat informasi yang dipamerkan, termasuk pengunjung mancanegara dari Korea Selatan dan Eropa. Secara umum, mereka tertarik dengan informasi tentang rencana pemindahan Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur.

FORUM PROMOSI INVESTASI PENANAMAN MODAL KALIMANTAN TIMUR

Sementara itu, Forum Promosi Investasi Penanaman Modal Kalimantan Timur 2019 dilaksanaan pada Senin (18/11) bertempat di Kantor Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur di Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan kegiatan promosi penanaman modal secara efektif dan efisien guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan realisasi investasi di Kalimantan Timur.

Forum secara resmi dibuka oleh Kepala Bidang Promosi Penanaman Modal DPMPTSP Provinsi Kaltim Restiawan Baihaqi yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa forum ini mengangkat tema Optimalisasi Promosi Investasi Bagi Ketersediaan Informasi Project Investasi Yang Clear and Clean dengan harapan agar kegiatan ini dapat memberikan pandangan kepada para peserta akan keterbukaan informasi secara transparan mengenai potensi investasi di kabupaten/kota maupun instansi teknis terkait dengan wilayah pembangunan ibu kota negara baru.

Peserta forum yang hadir, antara lain Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kepala Staf Ahli Gubernur Kalimantan Timur, OPD terkait Lingkup Pemprov Kaltim, DPMPTSP Kabupaten/ Kota Se – Kalimantan Timur, Perusda Melati Bhakti Satya Provinsi Kalimantan Timur, Bank Indonesia, serta para investor/pelaku usaha.

Forum dimoderatori oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan Program DPMPTSP Provinsi Kaltim Sayid Awaluddin dan diisi dengan pemaparan oleh tiga narasumber, yakni Kasubdit Wilayah Sumatra dan Kalimantan Badan Koordinasi Penanaman Modal Saribua Siahaan, Kepala Biro Infrastruktur Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur Lisa Hasliana serta Direktur Utama Perusda Melati Bhakti Satya Provinsi Kalimantan Timur Agus Dwitarto.

Dari diskusi tersebut, lahir beberapa kesimpulan, yakni (i) Kebijakan-kebijakan dalam mendorong percepatan investasi perlu ditinjau ulang terutama implementasinya di lapangan; (ii) Hambatan-hambatan yang kurang berpihak pada para investor dan pelaku usaha perlu ditindaklanjuti baik di tingkat pusat maupun daerah; (iii) Perlunya ketersediaan lahan yang benar-benar clear and clean, sehingga memberikan kepastian kepada para investor yang akan berinvestasi; (iv) Perlunya dukungan dana atau peningkatan anggaran dalam hal kegiatan promosi sehingga sinergitas antara pusat dan daerah dalam melaksanakan promosi bersama; dan (v) Standar Operasional Prosedur (SOP) khususnya pada peningkatan kebijakan perijinan harus mendukung percepatan berusaha.

Forum ini diharapkan dapat ditindaklanjuti melalui aksi nyata khususnya investasi di berbagai sektor di Kalimantan Timur oleh para investor yang hadir, serta diharapkan forum promosi investasi seperti ini dapat terus diselenggarakan di tahun – tahun yang akan datang.

Kembali
Link Instansi Terkait